Identitas diri dan internasionalisasi

Masih di szazhalombatta, saya melihat ada yang sangat menarik dari penyelenggaraan summerfest 2007. Kalau melihat banyak orang lokal sini yang tidak pandai berbahasa inggris, tampaknya hongaria memiliki kebijakan khusus tentang penonjolan identitas dirinya di antara masyarakat dunia, bahkan eropa sekali pun. Beberapa fakta yang dapat dijadikan pendukung hipotesa ini adalah minimnya program TV berbahasa asing, hampir semua film asing pun di-dubbing; pendapat salah seorang staf KBRI pun demikian bahwa mereka dari awal tidak ingin bergabung dengan Austria, kroasia dsb (kalau tidak salah ingat). Saya menduga inilah sebabnya sedikit sekali pelajar Indonesia yang belajar di sini. Katanya (lagi-lagi) lebih banyak mahasiswa asal hongaria yang belajar ke Indonesia daripada anggota PPI (perhimpunan pelajar Indonesia).

Di tengah semangat nasionalisme yang kental tadi, ternyata mereka cukup aktif menyelenggarakan festival seperti yang saya hadiri ini. Dan tidak tanggung-tanggung, festival internasional yang dipilihnya. Sejauh ini acara tetap berlangsung normal. Bahasa pengantar pada festival ini bahasa mereka. Untuk yang bersifat resmi/ofisial mereka menyediakan penerjemah dalam perancis, spanyol dan inggris. So penyelenggaraan festival ini benar-benar menggambarkan bahwa internasionalisasi dapat dijalankan tanpa mengaburkan identitas bangsa.

Pelajaran penting di sini adalah marketing menjadi factor kunci. Menjadi perhatian dunia harus diperkenalkan lewat marketing. Pintu masuk ke kelas dunia ini yang rasanya masih kurang di Indonesia. Masalah pelaksanaan baru menjadi prioritas berikutnya. Bahkan apa yang dijalankan festival ini pun tidak mengurangi rasa internasionalnya. Tengoklah Malaysia di CNN sebagai truly asia, sejauh mana Indonesia sanggup bersaing dengan mereka?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: