Akreditasi akhirat

Kemarin adalah hari yang berat buat saya. Untuk kesekian kalinya, walau telah bertekad untuk berubah, shalat asar lewat dari jam 5. Sungguh menyesal tidak mendirikan shalat pada awal waktu. Seringkali saya berasumsi kegiatan yang diikuti akan selesai dengan cepat sehingga segera setelah itu bisa shalat. Dan seringkali pula asumsi itu salah.

Ternyata rasa segan terhadap manusia masih jauh lebih kuat daripada segan terhadap Allah. Panggilan sudah jauh berkumandang, hati masih merasa tidak enak kalau meninggalkan rapat. Kolega sedang bicara, rasanya tak pantas untuk keluar ruangan. Tapi di sudut hati, Alhamdulillah, masih ada rasa bersalah karena mengutamakan kolega daripada Yang Maha Kuasa.

Dunia memang menawarkan banyak keindahan, termasuk penilaian orang pada diri kita. Seperti orang yang ingin dipuji orang lain, perguruan tinggi pun ingin dinilai bagus oleh institusi lain. Akreditasi menjadi suatu hal yang sangat penting. Tidak salah memang karena dengan itu menunjukkan bahwa kita punya sesuatu untuk ditawarkan kepada masyarakat, dan dengan itu juga kita dapat bersaing di tingkat global. Bukan akreditasinya yang ingin saya sorot, tapi hal serupa yaitu akreditasi atas portofolio diri kita sendiri sering kita (saya) lupakan.

Kalaulah menjadi pemain di tingkat global menjadi tujuan kita, apakah tidak layak kalau kita ingin diri kita menjadi pemain di surga nanti? Untuk menjadi pemain global perlu diakreditasi lembaga, bagaimana dengan akreditasi malaikat rokib dan atid atas keinginan kita menjadi pemain di surga?

Ya Allah, karuniakanlah kami motivasi yang kuat untuk selalu terikat padaMu, sehingga tidak pernah dunia mengalahkan prioritas mengabdi padaMu. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: