Perspektif Manajemen Operasi dalam Penanganan Bencana

Bencana di negeri kita ini seperti layaknya rizki yang datang terus-menerus, baik kita minta maupun tidak. Boleh jadi memang menjadi rizki bagi orang yang mau belajar atas kesalahan-kesalahan masa lalu kita sebagai bangsa, masyarakat ataupun individu yang terlalu tamak dengan dunia. Terlepas itu semua ada hal yang perlu dilakukan untuk meminimasi peluang dan dampak bencana yang terjadi. Untuk yang pertama, bergantung pada jenis bencananya, pihak-pihak dan bidang ilmu yang terkait harus sudah memikirkan apa yang menjadi penyebab utama agar solusi meminimalkan peluang terjadinya bencana dapat dihasilkan. Sedangkan untuk minimasi dampak bencana upaya yang dilakukan bersifat umum walaupun melibatkan lintas departemen. Oleh karena itu artikel ini dimaksudkan untuk memberikan perspektif manajemen operasi dalam menangani bencana.

Kalau kita gunakan pendekatan process analysis terhadap masalah ini, maka sebelum bergerak lebih jauh ada hal-hal yang harus diketahui sejak awal. Menurut hemat saya ada 4 dimensi yang terlibat dalam masalah bencana ini: jenis bencana, siklus bencana, objek analisis, dan area analisisnya. Dimensi ini yang akan menjadi pembatas dalam analisis terhadap proses-proses yang terjadi dalam menangani bencana.

(i) Jenis Bencana

Berbagai kategori bencana dapat dibuat misalnya dari yang sederhana: bencana alam dan bencana yang dibuat manusia. kategori yang lain adalah bencana yang datang dengan tiba-tiba atau yang datangnya perlahan (dapat dirasakan sebelumnya). IFRC (international federation of red cross and red crescent) mendefinisikan ada 10 tipe bencana (http://www.ifrc.org/what/disaster/types/). Bagaimanapun pengelompokannya, yang jelas masing-masing bencana yang memiliki karakter yang berbeda memerlukan penanganan yang berbeda pula.

(ii) Siklus Bencana

Seperti halnya jenis bencana, siklus bencana pun dapat dibagi dengan cara yang berbeda. Tetapi secara umum akan terdiri dari fase mitigasi (mitigation), persiapan (preparedness), respon (response) dan pemulihan (recovery). Setiap fase memiliki peran yang sama penting. Betapa pun bagusnya rencana mitigasi kalau responnya salah dapat berakibat fatal. Pendek kata semua fase perlu dilihat secara seksama.

(iii) objek analisis

Objek analisis yang terkait dengan bencana sangat banyak seperti air bersih, makanan, tenda (rumah) sementara, lokasi penampungan, obat-obatan, komunikasi, infrastruktur, dampak psikologis dan lain sebagainya. Sejauh ini biasanya masing-masing objek sudah cukup banyak dibahas oleh bidang ilmu terkait misalnya obat-obatan sering dibahas dalam jurnal kedokteran, fasilitas komunikasi dibahas oleh teman-teman yang berkecimpung di telekomunikasi dan teknologi informasi.

(iv) Area analisis

Dimensi yang terakhir adalah isu manajemen operasi yang menentukan area analisisnya. Beberapa contoh isu ini misalnya tentang pengukuran kinerja dalam penanganan bencana, penentuan lokasi yang tepat, manajemen persediaan untuk setiap objek analisis, rancangan sistem informasi, manajemen proyek khususnya pada fase recovery, dan isu-isu lainnya.

Dengan demikian topik kajian penanganan bencana ini sangat banyak dan melibatkan multi-disiplin ilmu. Patut dievaluasi apakah saat ini kita sudah memiliki siklus yang lengkap untuk penanganan bencana tertentu? kalau belum tidak ada kata terlambat untuk berbuat baik.

“Apabila kiamat terjadi, sementara di tanganmu ada bibit kurma, maka jika mampu menanamnya sebelum kiamat terjadi, maka tanamlah.” (HR. Ahmad)

2 Responses to Perspektif Manajemen Operasi dalam Penanganan Bencana

  1. A.baso Mappincara says:

    saya tanggap dan peduli bencana di indonesia menurut saya masa depan alam semesta kita ini tergantung dari usaha kita dalam memeliharanya.

  2. mursyid says:

    Betul sekali pak. Mencegah kerusakan jauh lebih baik daripada memperbaiki kerusakan. Tapi kalau sudah terjadi (dan memang akan terjadi) persiapan menjadi point penting untuk mereduksi jumlah korban, hancurnya kegiatan ekonomi dan mempercepat proses recovery.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: