Sekolah Bertaraf Internasional (lagi)

Setelah menulis komentar terhadap suatu tulisan di Bangkapos berkenaan dengan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), ternyata keinginan untuk menjalankan SBI bukan di Babel saja. Saya benar-benar kuper dan surprised. Begitu banyak sekolah di penjuru Indonesia yang menjadi sekolah (mungkin tepatnya kelas) rintisan untuk bertaraf internasional. Karena kuper tadi, saya cari-cari konsep sebenarnya seperti apa, ternyata belum ketemu kecuali tulisan-tulisan di blog pribadi yang mempersepsikan SBI. Mungkin konsepnya cuma ada di versi cetak di mejanya para petinggi pendidikan di Indonesia ini.

Dari sederet website atau tulisan yang saya baca berkaitan dengan SBI ini, kelihatannya SBI ini baru mengedepankan sekolah yang berbahasa pengantar bahasa Inggris. Ada lagi yang menyebutkan mereka akan lebih fokus pada mata pelajaran eksakta. Wow, semoga saja ini salah karena saya baca dari tulisan tidak resmi. Tapi berhubung belum baca yang resmi ya bagaimana lagi… Arti bertaraf internasional harus didefinisikan dulu karena bisa-bisa kita tidak ke mana-mana jika visinya belum jelas. Apakah bahasa inggrisnya kah? Pengajarnya kah? Kurikulumnya kah? Metoda pembelajarannya kah? Fasilitasnya kah? Atau apa kah-apa kah yang lain? Saya lebih yakin dengan konsep akreditasi karena paling tidak yang mengatakan sekolah sudah bertaraf internasional atau bukan adalah badan yang teruji dan bukan klaim diri sendiri.

Yang saya khawatirkan lebih jauh adalah ini akan menjadi alasan sekolah untuk memungut biaya yang lebih mahal, dan sebenarnya sudah terbukti dari hasil browsing di internet. Barangkali ada yang bisa share lebih jauh soal konsepnya?

7 Responses to Sekolah Bertaraf Internasional (lagi)

  1. pakarfisika says:

    Salam kenal, postingan yang menarik, senang membaca blog ini. Majulah bangsa Indonesia…biar go Internasional tapi juga adil bagi semua sekolah. Versi saya, tinggal kita aja, kalau kita cerdas malah dilirik dunia, dan bukannya selalu melirik ke luar. Wa Allahu alam…

  2. mursyid says:

    Salam lagi pak, prinsipnya setuju pak, kalau kita bagus maka orang akan lihat kita. Untuk menjadi bagus itu kita masih perlu melihat dunia luar, karena di atas langit masih ada langit.

  3. Nurhajati says:

    Jangan terlalu senang dulu. Dulu saya juga menduga seperti itu, wah keren amat di pelosok seperti Garut saja ada SBI. Ternyata usut punya usut, saya tanya keponakan saya yang sekolah itu, ini masih percobaan, jadi masih hanya untuk dua mata pelajaran yang diberikan dengan standar internasional. Apakah bahasa pengantarnya bahasa Inggris? ya gak mesti lah. di SBM memang persyaratan internasional itu bahasa pengantar adalah bahasa Inggris. Tapi somehow, ini sebuah upaya untuk maju. Bravo

  4. mursyid says:

    Justru itu bu nur, istilahnya terlalu berat untuk dipasangkan pada sekolah umumnya. Lebih baik itu dijadikan arah tanpa harus menempelkan embel-embel, menurut hemat saya lho bu.

  5. agusampurno says:

    SBI hanya soal waktu, jika guru-guru yang mengajar sudah siap dan berpola pikir internasonal (internationalism mindedness)

    salam kenal PakMursyid

  6. Nurhajati says:

    Setuju, beri nama yang sepadan saja.
    Soal biaya, indeed, they asked us more money pak. Entah resmi atau tidak, tapi spp yang diminta lebih tinggi dari yang umum. Ketika kita mengatakan, kita gak ikutan lah masuk kelas SBI, mereka keberatan, karena yang dimasukkan ke kelas SBI memang dipilih yang bahasa Inggrisnya di atas rata-rata.
    Dan akhirnya, kami masih bisa nawar untuk tidak dikenakan spp lebih mahal.
    Wallahu a’lam.

  7. Manzoe' says:

    Di sklh sy jg sdg rintsn intrnsnl rncnx thn 2013 br rsm SBI (ktnya)…ya klw di sklh sy sma org pst ingn msk sn..krn srn&prasrna yg mmdai…tp hny 1-3 kls sj yg SI itpn jg hny kls IPA..jd sma org brlmb2 bwt msk sn…hrpn sy smg SBI bs mnjr k brbgi plsk negeri dr tngkt SD-UNIVERSITAS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: