Belajar dari hari ke hari

Hari ini saya diingatkan lagi bahwa apa yang kita pikirkan baik ternyata dapat dilihat sebaliknya oleh orang lain. Niat membantu orang lain dapat juga diinterpretasi sebagai merendahkan kemampuan orang ternyata. Tadinya saya pikir mestinya tidak begitu, tapi keterbatasan manusia memang tidak dapat dipungkiri. Baik karena penyampaiannya yang kurang baik, atau ada barrier yang besar sekali pada orang lain untuk menerima maksud baik kita.

Walaupun kejadian semacam ini akan men-discourage, melemahkan motivasi, tapi ada baiknya juga saya terus belajar mencari di mana batas yang pas untuk membantu atau tidak membantu. Memang tidak mudah bersikap netral, di tengah 2 ekstrim. Kenyataannya seringkali pergerakan dari satu ekstrim ke ekstrim yang lain berbentuk kurva parabola terbalik. pada level tertentu bantuan kita akan positif, tapi semakin besar bantuannya dampak positifnya mulai berkurang bahkan sampai pada titik tertentu berbalik menjadi negatif.

Mencari persamaannya mungkin pekerjaan sia-sia, mengabaikannya juga bukan suatu yang bijak. Oleh karena itu belajar dari hari ke hari, bergeser sedikit demi sedikit dari ekstrim kiri ke kanan dan balik lagi ke kiri menjadi pilihan terbaik. Ibarat men-tune radio secara manual, pada akhirnya nanti sampai juga kita pada gelombang yang dituju. pencarian gelombang secara digital mungkin baru ada di dunia elektronik, bukan di dunia manusia.

Alhamdulillah malam ini ada sedikit waktu merenung, sehingga punya kesempatan untuk menimbang ulang respon sesaat siang tadi yang ingin menghentikan kritik yang sering saya lontarkan. Sekali saya lakukan itu rasanya saya melemparkan diri jauh ke ekstrim bukan sampai pada gelombang yang dimaksud. Pantas ajaran Islam mengajarkan untuk tidak berlebihan. Bukankah berlebihan artinya kita terjerumus pada salah satu ektrim?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: