Hidup bersahaja

Entah kenapa weekend lalu saya dan istri jadi begitu hanyut dalam kesahajaan. Semoga saja terus begitu karena untuk hidup lebih dan lebih akan memakan banyak tenaga. “Cape deh” kata orang sekarang. Pergi pagi pulang sore, entah apa yang kita cari? uang kah? aneh juga karena uang diperoleh pun kemudian digunakan membayar hutang akibat keinginan untuk lebih dan lebih tadi. Artinya kalau kita hidup biasa saja atau bersahaja, tuntutan untuk mendapat penghasilan lebih banyak akan berkurang.

Ada seorang pedagang tahu yang sering lewat rumah yang ikut menyenggol rasa kesahajaan tadi. Di tengah-tengah harga kebutuhan yang meningkat, termasuk harga kedele, umumnya pedagang akan mengurangi volume barang dagangannya atau menaikkan harga. Nah si pedagang tahu ini kelihatan beda. Dengan harga yang sama dengan pedagang lain, tahu-nya lebih banyak dari yang lain, rasa pun tidak berkurang. Ada lagi kelebihannya, orangnya masih muda dan berjualan dengan penuh semangat dan banyak senyum.

Kalau saya hitung-hitung, rasanya tidak akan cukup keuntungan berjualan tahu untuk hidup enak. Tapi dengan tampang yang cukup bahagia itu, si pedagang tahu membuktikan bahwa hidup enak bukan tujuan. Hidup bahagia bukan karena enak, tapi karena kita tidak merasa kurang dengan apa yang kita terima. Walau keuntungan sehari 20 ribu tapi cukup untuk kebutuhan sehari pasti tidak masalah. Bandingkan dengan orang yang bergaji jutaan tapi hutangnya jutaan juga bahkan bisa lebih dari gajinya.

So, libur kemarin cukup berkesan. Benarkah hidup ini hanya berkutat soal uang? kapan ada waktu luang untuk menyimak alquran? apalagi untuk menghafal ayat-demi-ayat? Jadi rindu dengan pengajian keluarga di jepang dulu. Ada pertemuan reguler yang mengerem kecintaan kita pada dunia. Berhenti sejenak, itu kira-kira pointnya. Jangan kelamaan, karena boleh jadi keterusan malasnya he he. Ada benarnya juga libur bersama dicabut. Alhamdulillah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: