Kelakuan vs Nama

Saya termasuk jarang mengikuti berita di TV akhir-akhir ini karena tidak banyak manfaatnya kecuali membuat hati makin kecut. Yang menonjol dari pemberitaan di kotak ajaib itu hanya kekerasan, penipuan, korupsi, dan banyak hal negatif. Tapi dari sedikit kesempatan menyimak berita-berita itu ada yang mengganggu saya yaitu tersangkutnya seseorang bernama al-amin dengan urusan kejahatan. Apa ini artinya?

Setelah saya ingat-ingat lagi keluar juga memori lama yang menunjukkan banyak pelaku kejahatan atau tindak amoral dilakukan oleh orang-orang dengan nama yang sangat mulia. Nama Ahmad, Razak sudah tidak ada artinya lagi di mata masyarakat sehingga dengan mudahnya orang-orang yang menggunakan nama ini melakukan perbuatan yang malah bertolak-belakang dengan namanya. Saya tidak ingin bersuuzhan bahwa ini adalah rekayasa kelompok tertentu. Saya hanya membaca bahwa nama sekarang sudah benar-benar sekedar sebuah panggilan. Barangkali itu sebabnya orang tidak keberatan dipanggil bedul, (maaf) anjing, atau apa lagilah yang sering kita dengar.

Memang ada pemeo apalah artinya nama. Tapi sejak lama pemeo ini dibantah oleh Islam bahwa nama memiliki makna yang mendalam, bahkan nama menunjukkan visi orang tua yang jauh ke depan. Orang tua ingin agar anaknya nanti menjadi orang yang berarti. Untuk itu diberikanlah nama Mukhlis, Muhsin, Ahmad dsb. Tidak hanya ajaran Islam, rasanya banyak nama-nama dari agama lain yang bertujuan sama.

Rupanya nama sudah tidak mampu lagi mengerem seseorang untuk berbuat tidak baik. Padahal kita butuh banyak benteng atau alat untuk mengerem segala perbuatan yang menjurus pada kemungkaran. Kalau sistem kita sudah buruk, sebenarnya nama yang mulia masih dapat diharapkan untuk menjaga individu untuk tidak berbaur dengan sistem yang bobrok.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: