Ternyata, Aina masih kenal Ayah

Satu kekhawatiran saya sejak dulu soal anak, yaitu anak tidak mengenal orang tuanya lebih baik dari orang lain. Dari tetangga, teman, cerita di media, saya melihat banyak keluarga begitu mengandalkan baby sitter untuk mendidik anaknya. Tidak jarang sebagai akibatnya anak lebih kenal mbak atau mboknya daripada ibunya sendiri, apalagi ayahnya. Oleh karenanya saya salut ada senior sewaktu kuliah dulu yang sudah menikah sejak kuliah. Bukan karena menikah dininya, tapi karena alasannya dia pengen punya waktu main dengan anaknya lebih banyak…

\"Aina lagi bobo sama ayah\"Sewaktu balik dari sekolah, Aan baru 1,5 tahun. Walaupun di Jepang saya relatif lama di kampus (hanya sejak ada Aan, saya pulang jam 8.30), saya masih dekat dengan Aan. Sebelum berangkat ke kampus, biasanya saya ajak Aan naik sepeda memutari lapangan parkir di sebelah rumah. Kalau malam pun, Aan sering menunggu saya untuk main dulu sampai sekitar jam 11-an. Kalau sudah weekend, saya punya waktu full dengan Istri dan Aan belanja, main, atau apapun.

Saya tak pernah terbayangkan kalau di Indonesia akan berbalik kondisinya. Sekarang saya ketemu anak pagi cuma paling 1 jam-an sejak mereka bangun sampai saya berangkat ke kampus. Nah kalau sore, sama Aina paling sekitar 2 jam-an karena biasanya tidur lebih awal. Soal sabtu minggu kadang tak kalah sibuk. Kadang ada seminar, openhouse, tes masuk, undangan walimah, dsb sehingga waktu bermain dengan Aina tidak sebaik dengan Aan dulu.

Tapi, itu tadi, alhamdulillah, setiap saya pulang ke rumah, Aina sudah menunggu di pintu sambil teriak-teriak. Ajah ajah, mungkin maksudnya Ayah kali. Kalaupun sempat beberapa kali ditinggal agak lama ngajar ke freeport, Aina selalu pengen nempel dengan saya. Makasih ya Aina, rasanya hilang capek ayah kalau udah lihat senyumnya itu. Alhamdulillah…

Leave a Reply

