Bos Datang Semua (tampak) senang

Barusan lihat di TV bahwa harga-harga sudah merangkak naik, bahkan sebelum hari kenaikan BBM. Di tengah berita kenaikan harga itu ada juga berita kunjungan beberapa menteri dan Wapres ke beberapa tempat untuk melihat pelaksanaan BLT atau mengecek harga. Setiap kunjungan membawa suasana yang berbeda. Semua seolah baik-baik saja. Banyak canda, senyum baik pejabat maupun rakyat. Apa yang terjadi?

Saya ingat beberapa kejadian terdahulu. Di Kampus, di fakultas tampaknya gejala yang sama terjadi. Setiap ada masalah seolah lenyap begitu saja ketika ada pimpinan. Ada beberapa hal yang mungkin terjadi. Dalam kasus pejabat pemerintah, mulai presiden, menteri dsb, semua tampak tertib karena petugas keamanannya saja memang cukup banyak untuk mengamankan situasi. pada situasi semacam itu adakah anggota masyarakat yang berani berkata yang aneh-aneh?

Ada kasus lain di mana sang pimpinan memang begitu berkuasanya hingga apapun pembicaraannya sang pimpinan mampu mendikte bawahannya. Ingat aturan bahwa pimpinan tidak boleh salah. Betapa baik pun argumentasi yang disampaikan, fakta sebuah kekurangan terjadi menjadi tidak signifikan untuk dibahas atau bahkan memang dianggap tidak ada.

Tapi ada kemungkinan baru yang saya amati. pembicaraan tampak lancar dan baik karena masyarakat tidak tega menyampaikan kelemahan sang pemimpin. Begitu santunnya orang Indonesia, untuk mengatakan yang sebenarnya sungkan, khawatir pemimpinnya shock begitu tahu kesalahannya. Dan boleh jadi semua orang sudah tahu tentang kesalahan sang pemimpin.

Memang pada akhirnya semua seperti tidak ada masalah. Tapi hati-hati bahwa pada kondisi seperti ini sebenarnya ada atau tidak adanya pemimpin sama saja bagi warga… Bahkan lebih buruk dari sebuah sekrup yang masih memiliki andil walaupun kecil untuk kesatuan sebuah mesin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: