Business process mapping tools

Pagi ini saya menerima berkas template untuk evaluasi diri dari Satuan Penjamin Mutu ITB. Tujuannya untuk mempersiapkan diri menuju akreditasi yang entah nasional atau internasional. Apapun itu saya senang bisa menjadi bagian dari proses ini. Menuliskan apa yang sudah dilakukan, terlebih lagi merancang proses yang belum ada adalah mimpi saya untuk berkontribusi bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Terlalu muluk mungkin, tapi namanya juga mimpi…

 Tapi ada satu hal yang masih terus mengganggu saya. Cara menuliskan dokumentasi akreditasi ini belum ada yang saya anggap komprehensif. Umumnya dokumentasinya berbentuk file doc (word), padahal banyak data yang bersifat kuantitatif. Saya membayangkan pengelola jurusan atau program studi tidak perlu kerja berkali-kali untuk menyiapkan report ini itu sesuai dengan pemohonnya. Semua harus dijalankan dengan sekali kerja, tapi dapat dimanfaatkan buat apa saja, ya evaluasi internal, audit, akreditasi, konten Knowledge Management dan buat semuanya.

Seperti usul Bang Ardi waktu itu, sepertinya kombinasi dari beberapa tools memungkinkan untuk membuat dokumentasiyang komprehensif. Saya me-list paling tidak ada beberapa komponen yang perlu dibuat/dituliskan:

– organizer, satu media yang merangkum semua proses dan data yang dibutuhkan. Untuk itu saya pilih OneNote, atau Mindjet
– Timeline dari proses, saya perlu microsoft project untuk ini
– Flowchart proses, saya perlu visio untuk ini
– Deskripsi rinci, mungkin word yang terbaik untuk ini
– data dispay, tentunya perlu Excel untuk mencatat data dari setiap proses

Barangkali nanti bisa saya share hasilnya.

++ ada satu lagi tools yang belum dicoba yaitu Igrafx

2 Responses to Business process mapping tools

  1. rika says:

    Salaam,
    Kawan, saya juga baru mulai utak atik business process mapping utk institusi saya..masih bayi prosesnya. Bolehkan berbagi pengalaman?
    trims,

  2. Mursyid Hasanbasri says:

    salam lagi mbak.
    dengan senang hati saya bisa mendengar pengalaman mbak rika di sana. ditunggu sharingnya

Leave a Reply

