Mencapai kesempurnaan dengan 3,4 dpmo

Banyak orang bangga dengan angka 99% atau 99,9%. Kalau sudah membicarakan tingkat kesalahan, dengan acuan angka itu maka kesalahannya hanya 1% atau o,1%. Benarkah angka 1% itu kecil? atau belum cukupkah kalau tingkat kesalahannya 0,1%?

Mari kita hitung secara gampang. angka 0,1% kalau dilihat dalam skala 100 memang kecil. Tapi kalau kita kembangkan menjadi per sejuta, maka gampangannya kita akan mendapatkan angka 1000 cacat dalam 1 juta kesempatan. Padahal banyak perusahaan kelas dunia sudah mulai menuju angka 3,4 cacat per sejuta kesempatan (defect per million opportunity-dpmo).

Mengapa 0,1% tidak cukup baik? Mari kita lihat lebih jauh. Jika kita mengerjakan sebuah proses yang memiliki spesifikasi tertentu. Kita baru membuat produk dari proses tersebut misalnya sebanyak 20 unit, dan semuanya memenuhi spesifikasi, apakah kita akan mengatakan produk kita 100% baik? atau kita sudah mencapai zero defect? 100% baik mungkin ya, tapi persen tidak cukup baik lagi digunakan untuk ukuran sebuah kesalahan. sedangkan zero defect? No way! mengapa? secara statistik, jika kita menggunakan standar 3sigma saja, maka sebuah kesalahan baru akan kelihatan dalam 370 unit pertama. jadi bahkan 100 unit pertama tanpa cacat pun belum berarti apa-apa.

Mungkin ada pertanyaan, apakah kita harus membuat produk sebanyak 1 juta dulu untuk menghitung dpmo? tidak perlu, karena secara statistik kita dapat memprediksi berapa banyak cacat yang mungkin dihasilkan oleh suatu proses. Sama halnya seperti kita yakin bahwa 1 cacat baru akan tampak di 370 unit pertama.

Bentuk kesempurnaan dengan 3,4 dpmo inilah yang sekarang dikenal dengan six sigma. Sejauh ini, konsep zero defect yang sudah lama disampaikan oleh Crosby belum sampai pada realisasi. Baru setelah mengenal six sigma ini ada sedikit arah ke mana zero defect menuju. Barangkali karena sudah sunnahNya bahwa kesempurnaan hanya milik Allah swt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: