Benalu dalam organisasi

Kalau kita sudah pernah mendengar tentang belajar dengan kasus, maka kita akan tahu bahwa kelas yang bagus adalah kelas yang dipenuhi oleh orang-orang aktif. Mereka aktif karena ingin mendapat niai dari partisipasi kelas yang memang diberi bobot tinggi. Tapi hal ini tidak menjadi kemestian, karena cukup banyak orang yang tidak aktif walaupun sudah tahu aturan main dalam pembelajaran menggunakan kasus. Kenapa begitu?

Ada beberapa alasan yang saya amati mengapa beberapa orang tidak aktif. Yang pertama karena mereka tidak tahu atau tidak punya pengetahuan yang cukup untuk bicara. Walaupun kita bisa bicara dengan common sense, tapi konteks kasus memang tidak dapat diabaikan. Oleh karena itu kelompok pertama ini tidak banyak berbunyi. Umumnya pada kelas reguler dimana banyak peserta belum punya pengalaman kerja ditemui banyak orang yang termasuk kelompok pertama ini.

Yang kedua adalah mereka yang malas. Ya mereka malas berkontribusi. Ada beberapa orang yang sudah punya pengalaman tapi tetap saja tidak berbicara. Mereka tidak sadar bahwa mereka sebenarnya sudah menjadi benalu dalam kelas itu. Mereka mendapat sesuatu dari pendapat dan pengalaman teman-temannya, tapi mereka tidak berbagi tentang pengalamannya. Mereka tidak punya kontribusi dalam kelas.

Berkaca dari situasi belajar dengan kasus tadi, sebenarnya hal yang serupa terjadi dalam organisasi. Banyak orang tidak mau berkontribusi pada organisasi. Mereka tidak mau share pengetahuan dan pengalaman mereka kepada yang lain. Padahal kalau mereka tahu, banyak orang di sekitarnya memerlukan sharing tersebut. Setiap orang punya kelebihan yang dapat ditularkan kepada yang lain. Kalau kita tidak berbagi, atau tidak berkontribusi dengan alasan apapun (karena tidak tahu, tidak punya, atau malas) maka kita tidak ubahnya hanya “benalu”. Kita menerima tapi tidak memberi. Bukankah tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: