Investasi Pasti Untung

Judul ini sangat provokatif. Sudah banyak orang terjebak dengan promosi semacam ini, termasuk saya😉 . Betapa banyak perusahaan yang menawari kita hal sejenis mulai dari yang palsu beneran, aspal, sampai yang asli. Yang terakhir ini adalah perusahaan betulan yang menawarkan return sangat besar  yang belakangan ternyata tidak tercapai, atau karena kondisi ekonomi maka nilainya justru turun. Adakah investasi yang benar-benar pasti untung?

Kalau dilihat kaca mata dunia, maka jawabannya pasti TIDAK ada. “Semua serba relatif”, begitu kira-kira alasan para agen yang berjualan investasi. Memang demikianlah hidup kita sekarang ini. Kita tidak bisa memastikan segala sesuatu terjadi karena perubahan demikian pesat, dan jangan lupa bahwa tidak ada seorang pun yang mengetahui apa yang terjadi di masa depan.

Kalau kita pakai kaca mata lain, jawabannya Ya. Seorang dosen senior pernah menyampaikan kepada saya bahwa “kalau uang kita bagi pasti habis, tapi ilmu kalau dibagi justru bertambah”. Walau ini bersifat abstrak karena tambahan ilmu tadi bisa jadi berupa sesuatu yang intangible seperti rasa respect orang lain, semakin banyak orang pinter, produktivitas bertambah dsb, saya sudah sering juga merasakannya secara langsung. Kadang dengan menyampaikan kepada orang lain maka kita pun menjadi “ngeh” dengan apa yang disampaikan dan makin mantap keyakinan kita dengan hal tersebut.

Ada hal lain yang di masa depan kita harapkan memberikan “return” yang tinggi, yaitu keturunan atau anak. Dalam kasus ini maka kita benar-benar berinvestasi waktu, uang, energi dan mungkin hal lain untuk membesarkan anak menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Kalau investasi ini dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, saya yakin berapa pun besarnya pasti kembali dengan lebih besar lagi. Buktinya apa? untuk urusan ekonomi, banyak orang tua yang “miskin” ekonomi tapi akhirnya “kaya” karena anak-anaknya menjadi orang sukses. untuk urusan ilmu, banyak orang tua yang “kurang berilmu dunia” tapi anak-anaknya menjadi ilmuwan. Dan jangan lupa bahwa masa depan bukan hanya di dunia saja, doa-doa anak-anak yang shaleh dan shalehah akan memberikan “return” yang tidak terbatas umur. Kalau kata orang sekarang pasive income.

Ada satu lagi, dan ini sering disampaikan pak ustad yusuf mansyur. Kalau kita sering berinfaq, maka balasannya kadang tidak hanya di masa depan yang sebenarnya, tapi juga kontan di dunia. Banyak sudah cerita yang mengungkapkan hal ini. infaq yang kita keluarkan kembali dalam bentuk yang tidak kita sangka, dan jumlahnya berlipat-lipat.

Jadi benarlah apa kata hadits bahwa semua amal anak Adam putus kecuali tiga hal: ilmu yang diajarkan, doa anak yang shaleh dan amal jariah. So, kenapa harus memilih investasi yang lain???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: