Mari Bertobat!

Siang ini saya mendapat email dari seorang rekan yang isinya mengingatkan kita (saya dan orang-orang yang dikirimnya) akan konsistensi perilaku kita dengan ucapan kita. Pada ujung email beliau menuliskan “Mari Kita Bertobat!”. Memang emailnya tampak emosi karena ada hal yang dianggap sudah menyimpang dari kesepakatan. Terlepas dari isinya yang emosional, ajakan bertobat tersebut benar-benar ajakan yang masuk akal. Sudah terlalu sering kita melupakan atau melanggar apa yang kita ucapkan. Na’udzubillahi min dzalik

Satu lagi pelajaran hari ini diperoleh. Mari terus menjaga konsistensi dan komitmen kita. Memang beragam persoalan yang kita hadapi dan banyaknya kepentingan menuntut orang untuk lebih memikirkan dirinya sendiri. Hampir sulit kita meluangkan waktu untuk memikirkan orang lain, walau orang-orang terdekat kita. Fokus masih terlalu didominasi oleh diri sendiri.

Lantas saya juga mencoba merefleksikan diri kepada mereka yang dianggap tidak konsisten dan tidak komit dengan kesepakatan. Walau ada alasan seperti di atas yang menyebabkan kita menjadi lupa, rasanya kalau kita upayakan dengan niat yang ikhlas, pasti kita temukan solusi yang win-win bagi semua. Tidak mudah memang, tapi tidak mustahil untuk dilakukan. Hanya karena kurang sabar saja pemikiran kita sehingga kita sampai pada sesuatu yang sifatnya memaksakan diri.

Lagi pula yang namanya orang semakin tua mestinya semakin bijak. Semakin banyak pengalaman maka semakin arif sikap dan keputusannya. Justru banyak orang diangkat sebagai ketua karena menghormati pengalaman dan kebijaksaannya. Sayang sekali jika ke”tua”an kita tidak dibarengi bertambahnya kearifan. Jadi sangat tidak beralasan jika komitmen dan konsistensi harus dilanggar karena suatu kepentingan. Memenuhi kepentingan sesaat bukanlah ciri kearifan manusia. Mari kita bertobat, thanks pak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: