Berbahasa yang benar dengan baik

Kemarin saya mendapat pelajaran berharga lagi saat mengadakan workshop persiapan perkuliahan semester I 2008/2009. Satu perubahan penting dari kurikulum 2008 adalah diwajibkannya SBM mengambil kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah. Sebelumnya SBM hanya memfokuskan pada pengajaran Bahasa Inggris. Saat itulah saya merasa ditegur secara tidak langsung oleh dosen Bahasa Indonesia karena saya belum berbahasa Indonesia yang benar dengan baik.

Saya cukup khawatir jangan-jangan ketidakbenaran bahasa Indonesia saya sudah cukup parah, maklum memang kurang diperhatikan. Selama ini saya lebih fokus kepada bagaimana maksud sampai kepada yang dituju. Satu kesalahan yang disindir dalam acara itu adalah saat saya mengatakan ingin “mensosialisasikan”. Seharusnya “menyosialisasikan”, yang saya iyakan karena memang saya tahu begitu adanya. Tapi karena tidak biasa akhirnya lebih senang menggunakan mensosialisasikan. Begitu juga dengan penggunaan bahasa lisan “Bapak Ibu” yang tentu saja maksud saya adalah “Bapak dan Ibu”. Eh , dikomentari juga oleh  dosen Bahasa Indonesia. Dosen lain juga kena “tegur” karena menggunakan kata latihan yang sebenarnya adalah “perlatihan” sebagai terjemahan dari exercise.

Ya, ternyata walau janggal terdengarnya, berbahasa yang benar dengan baik tadi harus tetap dilakukan karena itu yang ingin kita ajarkan. Ini adalah bagian dari penerapan komitmen kita pada apa yang kita ucapkan. Sungguh sebuah kebohongan kalau kita meminta mahasiswa untuk berbahasa yang benar sementara kita tidak melakukannya.

Thanks to pak wawan dkk atas sindirannya. he he bahasanya campur dan kacau ya… (blog boleh kali ya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: