Belajar fitnah!!!

Seminggu yang lalu saat hendak menyiapkan acara welcoming reception mahasiswa baru SBM angkatan 2011, saya didatangi beberapa orang mahasiswa. Tampaknya mereka sudah bertanya ke beberapa orang sebelum datang kepada saya. Singkat cerita mereka menanyakan kenapa kami bisa mulai mendekor ruangan pada jadwal yang sudah mereka booking. Sampai sini tidak ada masalah. Baru ketika seorang dari mereka mengumbar kata-kata, saya agak tersinggung.

Bagaimana tidak, seorang mahasiswa itu berkata “kami sudah berkali-kali digini-in oleh sbm”. Saya tanya, “maksudnya digini-in itu apa?”. Katanya mereka pernah mau mengadakan kejuaraan hockey tingkat nasional tapi gagal karena digusur SBM. Saya sempat panas seraya berkata, “saya tidak senang dengan kata-kata tersebut”. Mengapa?

1. SBM tidak pernah menerima pemberitahuan bahwa jadwal yang kami pesan telah menggeser jadwal orang/kelompok lain.  SBM berdiri atas profesionalisme, tidak berdasarkan mentang-mentang.

2. SBM menggunakan GSG ITB baru 2 kali, bagaimana bisa disebut berkali-kali. sungguh ini sebuah ungkapan yang berlebihan.

Saya pikir mahasiswa harus belajar untuk selalu cross check terlebih dahulu sebelum mengumbar kata-kata. Mungkin ini kebiasaan berdemo barangkali. Mahasiswa yang terdepan cukup sopan menyampaikan keluhannya, tanpa perlu menyinggung orang lain. Pada dasarnya, mengumbar kata-kata provokatif semacam ini sudah mengajarkan diri kita untuk memfitnah orang lain. Dan kata agama, fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Karena dengan fitnah itu bisa membentuk opini orang lain yang tidak benar mengenai pihak yang difitnah.

Tapi akhirnya kita saling paham bahwa ada miskomunikasi. kami pun mohon maaf karena telah membatalkan latihan mereka tapi tanpa sengaja karena memang tidak diberitahu sudah ada yang memesan GSG terlebih dahulu. cuma sayang ada seorang mahasiswa yang tidak mau bersalaman. sayang, sejak awal dia sudah membiasakan diri dengan permusuhan. semoga saja tidak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: