Ramadhan 1429 H

Ramadhan kali ini tidak biasa. Sejak hari pertama saya sudah merasakan badan tidak fit. puncaknya kamis jumat kemarin saya tidak kuat untuk berangkat ke kampus.Badan terasa lemas, kepala terasa berat, sementara batuk seolah ingin meremukkan dada. Tak hanya itu, aan sempat panas diiringi batuk. Aina sampai sekarang masih demam. istri yang tadinya sehat pun jadi ikut ketularan. Entah mengapa ramadhan yang kali ini (masih) diniatkan untuk berubah malah jadi berantakan.

Terasa makin kecut ketika mendengar seorang dosen senior kena stroke ringan. Makin kecut lagi ketika mendengar bahasan abu sangkan tentang bagaimana shalat yang khusyuk. Rasanya tidak ada bekal yang layak untuk dibawa pulang. Setiap hari saya menyibukkan diri dengan rutinitas, lupa dengan bekal pulang nanti. Memang setiap detak jantung dapat bernilai ibadah, tapi apakah setiap detak jantung kita menyadarinya?

Kalau saja para ahli shalat berkata jujur pada diri ini, barangkali dari sekian ribu kali sujud, ruku, dan zikir dalam shalat entah ada atau tidak yang benar-benar bernilai di mata Allah swt. Entah berapa kali saya membaca suatu jurnal untuk memahami isinya, tapi rasanya kok jarang saya mengupayakan untuk serius memahami shalat yang dilakukan 5 kali sehari. 

Boleh jadi ini teguran bahwa betapa sudah begitu banyak kealpaan yang saya lakukan. Boleh jadi sakit ini berupa teguran atas nikmat sehat selama ini yang telah saya nikmati. Barangkali start yang buruk di awal ramadhan ini akan berubah menjadi percepatan meraih yang lebih dari biasanya. semoga dosa-dosa tertebus dengan sakit ini ya Allah. semoga ke depan jauh lebih baik lagi. amin

One Response to Ramadhan 1429 H

  1. rezaervani says:

    Terima kasih dukungannya Bang,
    Alhamdulillah kemarin Sabtu, Open House Yayasan Rumah Ilmu Indonesia di Bandung dihadiri lebih dari 250 orang. Mudah-mudahan bisa digelar juga di Bangka.

    Info Lengkap di :
    http://www.rumahilmuindonesia.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: