Antri di lift, silakan urus dirimu sendiri

Untuk ke-sekian kalinya saya harus mengurut dada soal pelayanan publik di negeri tercinta ini. Bukan fasilitasnya yang saya keluhkan, tapi perilaku orang-orang yang menggunakan fasilitas ini. Kemarin saya dan keluarga sengaja belanja di hypermart BIP karena hanya saat itulah waktu yang masih tersedia untuk membeli beberapa kebutuhan. Kami berencana untuk tidak sering2 belanja di bulan Ramadhan ini. Karena sekaligus maka belanjanya cukup banyak sampai menggunakan 2 trolley. 

Karena kami parkir di lahan parkir terbawah jadi perlu menggunakan lift untuk turun. sewaktu sampai di lift sebenarnya kami pikir masih mendapat tempat. Jelas rasanya karena saat itu orang belum banyak dan liftnya cukup besar. Tapi karena liftnya cukup lama sehingga datanglah orang-orang baru yang tanpa malu-malu mendekatkan diri ke lift. Kami tentu saja tersingkir karena membawa 2 trolley. Saya merasa tidak nyaman jika trolley saya dekatkan ke lift karena seharusnya orang yang keluar perlu jalan.

Tapi begitulah, semakin kita mengalah ternyata orang akan memakan kita. karena segan mendekat ke lift, jadilah kami orang yang paling akhir dan sudah bisa ditebak, lift sudah overload – bahkan tanpa kami masuki. saya sudah pernah mengalami seperti ini dan sekarang terjadi lagi. Saya tidak tahu apakah semata-mata jumlah orang yang banyak ini menyebabkan kita begini atau masalah perilaku yang lebih dominan. Tidak ada yang peduli siapa yang datang terlebih dahulu. Yang ada adalah siapa yang tebal muka. urusan seseorang tidak mendapatkan haknya itu adalah urusannya sendiri. Na’udzubillahi min dzalika.

Leave a Reply

