Menolong tanda kaya

Minggu lalu, sambil istirahat saya dan Aan nonton tv. Saat itu acaranya Kick Andy yang berisi seputar program 1000 kaki palsu gratis. Tadinya Aan tidak mau nonton karena dia pengen nonton film kartun (he he saat itu Astro masih hidup). Tapi ketika mendengar kaki palsu, wah dia langsung antusias. “kok ada kaki palsu?” gitu ucapannya spontan. jadilah kami mengikuti acara itu dengan seksama.

DIceritakan bagaimana para relawan mencari data tentang calon penerima kaki palsu. peminatnya sangat banyak karena sudah melebihi 1000 kaki palsu yang dicanangkan. Namun hingga waktu itu baru sekitar 120 kaki palsu yang sudah diserahterimakan. sungguh peristiwa yang mengharukan melihat betapa bahagianya orang-orang yang tadinya harus berjalan dengan bantuan tongkat sekarang bisa berjalan dengan kaki palsu. Andy juga berterima kasih kepada seluruh donatur pada kegiatan ini.

DI penghujung acara, saya sedikit menyimpulkan dan menyampaikannya kepada Aan. “Nah an, gitu kalo jadi orang kaya. kita bisa nolong orang banyak. nanti Aan harus jadi orang kaya ya, supaya bisa kayak gitu, nolong orang banyak ya”. saya usap kepalanya dengan harap ucapan ini menjadi doa yang diaminkan oleh Allah. Namun spontan dia balik ngomentari “ah ngga, Aan mau nolong dulu, baru nanti kita jadi kaya”. Entah itu sadar atau tidak diucapkannya, atau seperti biasa memang dia suka ngomong sekenanya. Tapi apapun itu, Aan sudah menyindir saya bahwa ucapan saya tidak sepenuhnya benar.

Begitu banyak orang yang kaya tapi belum tersentuh untuk membantu orang banyak. sementara sudah cukup banyak contoh orang yang biasa-biasa saja, bahkan kekurangan, tapi masih bisa membantu orang lain. Walau tidak berbentuk uang, mereka ini tidak segan-segan membantu dengan pikiran, tenaga atau dengan apa pun yang mereka miliki. Jadi akhirnya saya peluk Aan sambil mengatakan bahwa dia benar. Tidak perlu menunggu kaya untuk membantu orang. Dengan kita membantu orang pada dasarnya kita sudah menjadi orang yang kaya, paling tidak kaya hati kita dengan makna.

One Response to Menolong tanda kaya

  1. mpur says:

    Duh, terharu. Bersyukur ‘Syid. Semoga anak kamu tumbuh jadi anak yang baik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: