Kapan ya kita mencapai 6sigma

Hari ini saya dijadwalkan berangkat ke freeport untuk memfasilitasi kelas di sana. Sebenarnya ini sudah yang ketiga kali. Dua kali sebelumnya terjadi tahun lalu. (kebetulan) materi yang saya share kali adalah tentang six sigma. Sambil saya memikirkan contoh-contoh penerapannya, saya bingung karena apa yang ada di depan mata ini sama sekali jauh dari 6sigma. Gimana ceritanya?

Sederhana saja, kalau dilihat dari jumlah peristiwa, 3 kali saya ke freeport, 3 kali saya mengalami delay. Artinya 100%!!!. Kalau dilihat dari lama delay, yang pertama dulu 2 jam, berikutnya hampir 4 jam ++ (ditambah delay di tempat transit), sekarang lebih dari 12 jam!!!. luar biasa. kalau dilihat dari proses berangkat dan pergi, artinya saya sedang menjalani proses kelima, dengan catatan 2 kali tepat (berangkat), 2 kali terlambat (pulang). 

Kalau disimpulkan, mau pake cara apapun, tetap saja jenis layanan penerbangan ini sangat tidak dapat diandalkan. alhamdulillah semuanya selamat, semoga juga kali ini. karena ada yang tidak selamat (walau itu semua takdir dari Allah swt. Padahal kalau bicara 6sigma, kita hanya boleh cacat 3.4 ~ 4 kali dari 1 juta kesempatan. wah-wah kapan ya bisa terjadi?

Tapi selalu ada hikmah di balik sesuatu. dengan tingkat sigma yang sangat rendah, peluang kita untuk memperbaiki sistem masih terbuka lebar. jangankan perbaikan yang periodenya menit, periode jam-jam-an pun masih bisa. Luar biasa.

Leave a Reply

