Berapa level sigma bos anda?

Sewaktu menyampaikan materi tentang six sigma di freeport, ada diskusi menarik tentang penerapan level sigma untuk mengukur kinerja. Biasanya orang akan mengukur kinerja dari target capaiannya, dan bidang kerja boleh jadi menjadi hambatan utama untuk membandingkan capaian kinerja karyawan 1 dengan karyawan lainnya. Apalagi kalau dikaitkan dengan kinerja atasan, rasanya budaya kita tidak mengenal evaluasi bos selain 360 degree. Apa benar bos tidak bisa dievaluasi?

Dari beberapa contoh yang kita bicarakan, ada kasus misalnya suatu proses membutuhkan approval yang harus dilakukan oleh atasan. Tapi yang biasa dilakukan dalam 2 hari, suatu saat baru selesai setelah 1 minggu. Apakah ini defect? Jelas ya. Apalagi jika 2 hari itu sudah menjadi standar proses approval. Dengan demikian, seorang atasan pun dapat diukur level sigmanya. Apalagi jika kita pahami bahwa opportunity defect tidak hanya karena waktu penyelesaian proses, tapi juga kualitasnya. Dengan bahasa yang lain, opportunity defect untuk atasan juga pasti banyak.

Tapi teman-teman di sana langsung tertawa ketika saya sebut bisa jadi level sigma bawahan lebih baik dari level sigma atasan. Siapa berani menyalahkan bos??? barangkali ya, kita “sulit” memahami level sigma bawahan lebih baik dari atasan. Tapi hendaknya ini jangan dilihat secara langsung bahwa atasan tidak pantas jadi atasan dst dst. dalam perusahaan pasti punya sistem (penggajian, karir dsb). Bisa saja level sigma menjadi satu indikator bagi penilaian kinerja jika memang dirasa terlalu ekstrim.

Apa yang dapati di beberapa tempat juga senada. bos lebih banyak menuntut kinerja bawahannya, tapi jarang menunjukkan pencapaian kinerjanya. dan sepertinya banyak bos yang tidak rela jika ditunjukkan bawahannya bahwa mereka sudah tidak perform jika dikaitkan dengan level sigmanya. Ya barangkali memang kita masih harus menganut aturan mengenai bos: (1) bahwa bos tidak pernah salah (2) jika salah lihat aturan  1😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: