Manajemen vs ketik “Reg”

Di kelas operations management yang saya pegang, banyak mahasiswa yang sudah atau sedang bekerja. Baik itu di level manajerial sampai pemilik perusahaan. Tapi pengalaman 2 semester terakhir menunjukkan bahwa materi yang saja sampaikan seolah baru bagi mereka. Bukan saja materinya, tapi juga ide di balik materi tersebut sepertinya asing bagi mereka. Sebagai contoh, boleh lah orang tidak paham apa yang disebut inventory management (walau aneh juga sih untuk ukuran sekarang), tapi kalau aktivitas mengelola persediaan pun tidak dilakukan, berarti perusahaan itu sama sekali tidak tahu bagaimana mengelola persediaannya. Wow…

Buat saya hal ini menjadi masukan berarti yang mengarah pada 1 dari 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah topik dalam kuliah operations management sudah tidak up-to-date. Artinya materinya sudah tidak relevan lagi dengan kondisi real yang dihadapi perusahaan saat ini. kemungkinan kedua, orang belum tahu bahwa ada teknik atau tools untuk mengelola perusahaan mereka. Menurut hemat saya kedua kemungkinan ini sangat aneh. Tapi kalau memang demikian, ya apa boleh buat. 

Kalau kemungkinan pertama yang terjadi, berarti saya harus cari buku yang belum terbit (he he soalnya yang kita pake sudah tahun 2006 ke atas). Kalau kemungkinan kedua, alhamdulillah, barangkali materi kuliahnya bermanfaat buat mahasiswa.

Yang repot adalah kemungkinan selain kedua hal di atas, yaitu mahasiswa tahu tapi tidak ingin menerapkannya, terlepas alasannya masuk akal atau tidak. Boleh jadi banyak orang mengatakan untuk berbisnis sebenarnya tidak perlu ilmu. “lakukan saja sesuai dengan feeling”, kira-kira begitu anggapannya. toh banyak bisnisman yang tidak menggunakan ilmu bisnis atau manajemen. Nah coba dibalik cara berpikirnya: belum pake ilmu saja sudah begitu, apalagi pake metodologi. barangkali bisa lebih baik..

Atau kemungkinan lainnya adalah pake REG Bla bla bla kirim ke XXXX, nah kalau ini, saya nggak komentar dah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: