Sukses karena delegasi atau menyalahgunakan kekuasaan?

Setiap orang ingin sukses, apalagi dalam dunia kerja yang sangat kompetitif. Tidak hanya karena banyaknya orang yang ingin menduduki posisi atau jabatan tertentu saja membuat orang ingin selalu sukses, tapi juga karena hal lain seperti menjaga gengsi, insentif, atau hal lain yang sifatnya lebih fundamental seperti menjaga komitmen atau loyalitas. Saya mengamati ada fenomena dimana orang begitu ingin menjaga reputasinya sehingga banyak hal dia ambil kendalinya tapi orang lain yang menjalankannya. Apakah ini bagian dari apa yang kita sebut delegasi?

Boleh jadi orang bilang itu adalah bagian dari proses delegasi. Mari kita lihat lebih jauh. Pola yang berlaku adalah seperti ini, mengambil banyak peran tapi peran itu kemudian dijalankan oleh orang lain. Apa dampaknya? ya orang ini akan terlihat sangat hebat: mengerjakan banyak hal dengan baik. bagaimana dengan delegasi? delegasi hanya berlaku kepada orang yang secara formal menjadi bagian (bawahan, rekan, vendor) dari suatu pekerjaan. Jadi jika yang diserahkan bukan berada pada garis komandonya, orang itu telah memanfaatkan orang lain. biasanya hal ini dapat dilakukan karena posisinya yang tinggi di perusahaan.

Sebenarnya orang seperti ini bisa dianggap benar-benar sukses, asal dia tidak berada pada posisi yang penting. Kalau seorang di level menengah yang tidak punya banyak bawahan tapi berhasil mempengaruhi banyak orang di luar kekuasaannya, kita bisa mengatakan orang semacam ini memiliki kepemimpinan yang luar biasa. orang ini meraih sukses yang sesungguhnya.

Di lain pihak, jika ada orang yang karena posisinya meminta orang lain di luar daerah kekuasaannya sehingga semua pekerjaannya menjadi beres, kita perlu ragukan kesuksesannya. sulitkah mengujinya? antara sulit dan tidak, karena kalau semua orang berani bicara, mintalah mereka menyampaikan apakah mereka ikhlas (sukarela) mengerjakan permintaan orang tersebut?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: