Tahun baru, semangat baru, buku baru

Di akhir tahun ini saya mendapat surat kedua dari wakil rektor bidang sumber daya karena belum naik pangkat juga. Sebenarnya bukan murni malas mengurus kenaikan pangkat. Dulu memang iya, tapi tahun lalu saya sudah memulai menyiapkan dokumentasi untuk kenaikan pangkat. Sayang beribu sayang, nilai kum yang sekitar 450 point (lektor kepala) hanya bisa diakui 280 (lektor/IIIC(?)) saja. banyak point terpangkas karena point penelitian.

Yang sangat menyedihkan adalah 3 paper saya di Jepang hanya dihargai selevel jurnal nasional tidak terakreditasi. bayangkan, hanya karena di Jepang tidak ada sistem akreditasi, dianggap penerbitannya selevel itu. padahal jurnal itu sudah berumur puluhan tahun dan sifatnya nasional Jepang dengan peserta dari berbagai universitas di Jepang, tentunya dengan peneliti dari berbagai bangsa (mahasiswa asing yang belajar di jepang). Padahal ada jurnal dalam negeri yang dibuat di level jurusan, jurinya pun jurusan (plus plus lah) sudah bisa dikategorikan terakreditasi nasional. Jadilah waktu itu saya mutung dan tidak mau kehilangan banyak point. biarlah tidak mengajukan daripada dipotong. Saya sendiri tidak putus asa, nanti kalau point penelitian sudah banyak, akan saya ajukan lagi kenaikan pangkatnya.

Mumpung tahun baru, rasanya semangat baru cukup menggelora. dari blog ini banyak yang mengakses berdasar key word business process. Jadi cukup pantas kalau tahun baru hijriah ini menandai niat saya untuk menuliskan pengetahuan dan pengalaman dalam urusan proses bisnis ini dalam bentuk buku. semoga Allah swt memberi kekuatan dan keistiqohaman dalam hal ini. Amin Ya Allah.

Leave a Reply

