Respon sms/email cepat

Barusan saya diingatkan hal sepele tapi penting oleh seorang pejabat ITB. Sebenarnya sudah cukup lama saya berupaya untuk mencatat setiap jadwal penting, menjawab email. Apalagi setelah menggunakan blackberry, hampir selalu sms/email yang masuk saya respon terutama yang membutuhkan respon cepat. kalau tidak, hari yang sama atau paling lambat besoknya saya respon. makanya sampai dibilang “autis” oleh salah seorang kolega karena sambil jalan sambil balas email.

Urusan satu ini seputar persiapan kuliah semester depan yang akan mulai 2 minggu ke depan. saya berharap banyak yang sudah dipastikan agar pelaksanaannya berjalan normal. tapi mungkin koordinasi itu memang mahal sehingga masih dihindari orang, sewaktu saya mengirimkan sms kepada pejabat berwenang di pusat, tidak ada jawabannya.  jawabannya datang lewat staf di prodi yang dihubungi oleh staf pejabat tersebut.

beberapa hari kemudian, yaitu tepatnya pagi tadi, saya kirim sms lagi seputar pelaksanaan kuliah yang sama, tetap tidak ada jawaban. kebetulan ada rekan yang pergi ke pusat, dan menanyakan kepada pejabat tersebut apakah menerima sms dari saya. Jawabannya, “ya, tapi tanyakan kepada orang yang seharusnya dong”, begitu jawabannya. dan sampai saya tulis catatan ini sms balasan itu belum tiba juga.

saya jadi belajar bahwa hari ini saya sangat mengharapkan jawaban sms dari orang lain. tetapi orang lain tersebut merasa pertanyaan saya salah alamat. buat beliau tanpa membalas email tidak jadi masalah. tapi sebenarnya buat saya cukup merepotkan karena tidak bisa memastikan segala sesuatunya. barangkali saya salah karena tidak telpon langsung (asumsinya sekarang jaman instant message termasuk sms), atau salah karena tidak tahu siapa yang seharusnya saya hubungi. Apapun wujudnya, saya jadi tahu betapa setiap email/sms perlu dijawab walau sekedar menyampaikan bahwa “anda salah alamat”. Semoga kita bisa lebih dari itu bahkan menyampaikan ke mana alamat yang sebenarnya.

Leave a Reply

