Apa salahku pak?

Udah lama nggak nulis, makin malas untuk menuangkan catatan-catatan hidup belakangan ini. Tapi pagi ini ketemu lagi dengan pak satpam di pintu gerbang ITB, yang mengingatkan saya untuk menuliskan catatan saya khusus buat pak satpam yang satu ini.

Saya tidak tahu namanya, dan memang tidak pernah berpapasan dari dekat sejak motor saya diberhentikan dan ditanya ketika akan masuk ITB beberapa tahun lalu. Jadi ceritanya ketika pulang sekolah dulu, ya seperti cerita pada umumnya, hidup pas-pasan. rumah ngontrak, kendaraan nggak punya. sisa uang dari beasiswa hanya cukup untuk melengkapi uang kontrak rumah tahun pertama. pulang pergi ke kampus naik angkot. singkat kata setelah hampir 4 bulan, akhirnya saya coba nyicil motor supra fit🙂 .

sejak itulah saya masuk dan keluar ITB pake motor itu. ransel di pundak layaknya mahasiswa. Mana ngga punya kumis, rambut cepak he he. biasanya kalo satpam biasa mereka cukup saya bilang, “saya dosen di TI pak”. Mereka langsung ngerti dan menyilakan saya masuk. Nah satpam yang satu ini keliatan berat sekali untuk memahami hal itu. Jadi ketika beliau menghentikan saya dan bertanya, “Saya dosen TI pak”. Beliau tertegun, seolah tidak percaya ada dosen TI naik motor kali ya. entah juga beliau tidak percaya kalau saya dosen, karena tampang dan penampilan kurang meyakinkan barangkali. Kelihatan sekali beliau akhirnya mempersilakan saya dengan wajah tidak ikhlas.

Setelah itu setiap saya masuk dan ketemu beliau, saya berusaha untuk senyum kepadanya. Tapi selalu saja mukanya datar, bahkan cenderung seperti tidak suka. Alhamdulillah belakangan saya bisa nyicil mobil. setiap masuk pun, saya buka jendela, tersenyum dan berusaha melambaikan tangan, tapi tetap saja datar. Sampai pagi ini pun respon yang sama masih ditampakkannya. Astaghfirullahal’azhiim, apa salah saya pak?

Leave a Reply

