Coin Perubahan

Banyak ide-ide brilian cuma sebatas obrolan atau hitam di atas putih. Tidak selalu karena kurang membumi, tapi sering juga karena prosesnya tidak ditata dengan baik. Sebaliknya, banyak hal dilakukan orang, tapi tidak punya arah ke mana resultan dari berbagai hal yang dilakukan tadi. apalagi karena rutinitas, apa yang sudah dilakukan itu jarang dievaluasi apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Oleh karenanya, kedua aspek ini harus dikawinkan. Ibarat coin, maka visi perubahan yang tercermin dari ide-ide + proses perubahan yang merepresentasikan operasionalisasi visi adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan.

visi perubahan sangat penting karena hanya sekedar berubah tidak membawa kita hijrah ke tempat yang lebih baik. banyak pengalaman membuktikan, begitu dinamisnya perubahan, respon terhadap perubahan yang tanpa arah membawa kita kepada kondisi yang pernah kita lalui sebelumnya. Secara keseluruhan, dinamika yang tidak membawa kita ke mana-mana alias jalan di tempat. Hanya orang yang mempunyai helicopter view akan menyadari fenomena ini. Di mana pun kita berada saat ini, tujuan pada selang waktu tertentu harus sudah ditentukan. Apakah kita akan menuju pada sesuatu yang lebih baik (revenue, produktivitas, kualitas misalnya), atau kah menuju sesuatu yang lebih murah, atau kah lebih cepat?

Proses perubahan tidak kalah penting karena proses inilah yang membawa kita dari kondisi sekarang menuju tujuan. Proses pun tidak sekedar respon sesaat, tapi harus terencana dan terus dievaluasi agar lebih baik dan lebih baik lagi. Proses yang ala kadarnya membuat visi perubahan yang begitu inspiring menjadi mimpi di siang bolong karena kehabisan tenaga. Proses yang efisien dan efektif harus terus dicari sebagai pelengkap coin perubahan tadi.

Hanya memiliki satu dari kedua hal ini tidak ubahnya seperti berjudi. melemparkan coin dan menunggu muka coin yang mana yang akan tampak. Satu muka tampak akan meniadakan muka yang lain. Satu menang, satu kalah. visi diutamakan, tapi proses diabaikan. atau sebaliknya proses diutamakan tanpa visi yang mengarahkan. Kalaupun itu membawa ke arah yang lebih baik, maka itu adalah keberuntungan sebagai wujud keberhasilan orang dalam berjudi. Jadi di manapun kita bekerja, memiliki coin perubahan ini adalah hal mutlak.

Barangkali pesan agama untuk memperhatikan niat dan cara relevan kita refleksikan dalam kasus ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: