Hoka-Hoka Bento, I am coming

Pagi ini sebelum berangkat ke kampus, ada hal yang mengejutkan di halaman akhir Kompas. Ya isinya iklan hoka-hoka bento. sepertinya ada menu baru yang tampak oishii. tapi bukan itu yang menarik. di kiri bawah saya lihat ada lingkaran yang bertanda MUI. Artinya hoka-hoka bento sekarang sudah mendapat sertifikasi halal. alhamdulillah.

Bukan apa-apa, Aan (saya dan istri juga he he) suka banget hoka-hoka bento. Tapi ketika ada teman yang memberitahu kehalalannya diragukan, kita stop berkunjung ke sana. Kadang-kadang kita coba juga mampir untuk menanyakan apakah mereka sudah punya sertifikat halal. jawabannya masih saja belum. baru pagi ini saya lihat secara tidak sengaja.

memang aneh di negeri yang mayoritas Islam ini. entah kenapa tidak banyak yang mencantumkan label halal. barangkali justru karena mayoritas itu ya orang beranggapan pasti banyak yang halal. padahal kita harus hati-hati karena asumsi yang tidak betul itu bisa dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab.

kami sendiri selama di jepang praktis tidak makan makanan jepang karena memang banyak sekali komponen alkohol, mirin, sake, babi di bahan makanan atau makanannya sendiri. barangkali itu juga sebabnya makanan seperti hoka-hoka bento (walau nggak jepang juga, cuma menyerupai), hanamasa, miyazaki meniru bahan di jepang. yang jelas, harapan mereka mendapat sertifikat halal kok terasa kejauhan. Tapi alhamdulillah, kalau hoka-hoka bento sudah memulai.

thanks hoka-hoka bento.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: