Midnight Eagle

Kalau tidak salah, judul film-nya seperti di atas. saya sempat nonton ending-nya tadi malam di celestial movie setelah frustasi gagal memperbaiki laptop. Seperti biasa, film jepang satu ini juga ternyata membuat saya merenung. di tengah hiruk pikuk kehidupan sekuler, kok begitu banyak film-nya yang bernuansa kematian? Entah apa jalan ceritanya, di akhir film itu ada lakon yang terperangkap dalam perang (adu tembak lah). diceritakan komandannya meluncurkan rudal untuk menghancurkan lokasi di mana perang terjadi. ada 10 menit waktu rudal untuk sampai ke lokasi. mereka yang terperangkap pun tahu kondisi tersebut.

dalam waktu yang 10 menit itu, si lakon masih sempat bercakap dengan temannya, berkisah tentang keluarga, anaknya yang akah lahir bulan depan. sambil sesekali melepaskan tembakan ke arah musuh, keduanya terus bercakap. sang lakon sempat mengabadikan  temannya yang sedang menembak musuh. “tersenyumlah”, katanya sebelum meng-close-up wajah temannya di menit-menit akhir hayatnya.

setelah itu dia duduk menghadap monitor berteleconference dengan markas yang anaknya dan istrinya (mungkin)  hadir di sana. sang anak berterima kasih atas foto bintang-bintang karya ayahnya, yang selalu ia bawa ke mana-mana. pertanyaan akhirnya, “kapan akan ketemu ayah”. sang ayah menjawab, “ayah selalu bersamamu”. kalimat yang manis didengar tapi pahit dilakoni. istrinya pun hanya bisa menahan tangis sambil memeluk anaknya.

begitulah, buat yang tahu akan mati 10 menit lagi, waktu-waktu begitu berharga. kita yang belum tahu akan mati kapan, pernahkah menghargai waktu-waktu yang berlalu? menit-demi-menit, seharusnya sebeharga menitnya para lakon film itu… ampuni kami ya Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: