Guru kencing berdiri, murid kencing berlari

Hari ini saya menghadiri undangan seminar yang diselenggarakan senat akademik. rasanya spesial karena undangan seperti ini jarang saya terima. apalagi terakhir saya masuk ke ruang BPI kalo tidak salah sewaktu sumpah cpns tahun 1997. Tapi dari sini saya mendapat pelajaran berharga yang ingin saya tulis di catatan kecil dalam 3 judul. ini salah satunya. Kalau selama ini saya dan mungkin kita semua yang pernah mengajar kesal dengan sikap mahasiswa yang bicara sendiri di belakang, rasanya tidak salah mereka juga. ternyata di rapat yang saya hadiri ini kelakuan dosennya pun tidak jauh beda. walau berbisik, tetap saja saya yang berada di sekitarnya merasa terganggu. Kalau cuma sebentar, misalnya bergumam sebagai respon spontan atau sedikit komentar, tak mengapa. tapi kalau sudah bicara cukup lama jelas akan mengganggu acara, paling tidak tetangga terdekat.

kasus berikutnya menerima telpon dalam gedung ketika rapat. menurut beliau mungkin suaranya pelan. tapi makin lama makin keras. bagaimana tidak karena pembicara pun akan bicara lebih keras. karena ingin mengalahkan suara yang bicara, maka respon seketika ya bicara lebih keras.

saya jadi ingat pada pelatihan ketika akan mengajar yang sering diingatkan kepada dosen-dosen di sbm. ketika mahasiswa ribut, jangan berusaha bicara lebih keras, tapi diamlah. strategi ini akan berhasil karena mahasiswa akan mendapati dirinya bicara sendiri di ruangan. tapi kalau kita bicara lebih keras, maka mahasiswa akan lebih keras lagi bicaranya. bahkan kalau suaranya cukup keras, kita tidak perlu microphone sebenarnya… memang benar apa kata pepatah sepertipada judul di atas

Leave a Reply

