Profesor dan scientific approach

catatan kedua yang bisa saya torehkan hari ini adalah soal presentasi para profesor. kalau tidak salah ada lima profesor yang berbicara di seminar hingga makan siang. saya memang jarang hadir di acara-acara seperti ini di mana para dewa berbicara. tapi dari sejumlah pembicara, saya jadi merasa asing. bukankah ketika kita, para dosen membimbing mahasisw atau menulis, kita akan menuntut cara berpikir yang saintifik, sistematik. kenapa hari ini saya merasa seolah tidak berada di saintifik forum?

ketika isi materi tidak sesuai dengan tema, barangkali saya bisa mencoba mengerti. kadang panitia memberikan waktu yang sangat pendek sehingga persiapannya tidak matang. atau memang panitia tidak secara tegas menyatakan materi harus yang sangat relevan. intinya agak bisa dipahamilah.

tapi ketika slide demi slide disampaikan tanpa benang merah yang jelas, saya agak terkejut. mungkinkah semakin tinggi kecendekiawanan kita, semakin bebas kita boleh berpikir. rasanya dari smpkita semua sudah diajarkanpendekatan saintifik . analisis terhadap suatu masalah harus mengikuti kaidah-kaidah tertentu. bahkan pengamat saja saya lihat sudah agak saintifik, mengapa kita yang di perguruan tinggi tidak demikian?

saya coba mencari alasan. barangkali masalah yang dihadapi memang besar. dan memang kenyataannya demikian. isu-isu yang diangkat adalah isu nasional. tapi sekali lagi kalau bicara saintifik, kita seharusnya sadar bahwa tidak bisa kita mengambil kesimpulan tanpa data-data yang relevan. satu lagi, tidak perlu kita memaksakan bahwa masalah yang besar harus dicari akar masalah yang tunggal. ini akan membawa kita kepada solusi yang salah…. tapi ini pemikiran saya aja kali ya… maklum bukan profesor.

untungnya dari panelis setelah makan siang, dari 2 orang yang saya dengar (pak armein langi dan pak Syarmidi) benar-benar mencoba menjawab tema seminar. salut buat yang muda-muda ini.

Leave a Reply

