Expert yang sesungguhnya

Bulan juni ini jadwal lumayan sibuk. selama 8 hari pertama alias hampir 2 minggu saya mendapat kesempatan berharga untuk bergabung pada tim yang membuat buku teks tentang Lean production System. Pembuatan buku ini merupakan hasil kerja sama JETRO dan Dept. perindustrian sebagai bagian dari follow-up IJEPA. Cukup banyak catatan kecil yang saya buat selama kegiatan ini, mulai dari acaranya sendiri sampai catatan tentang kehidupan di jakarta yang dari dulu saya hindari. kali ini saya mulai saja dari penulisan bukunya.

Buku LPS ini sendiri merupakan permintaan dari pihak Indonesia agar pihak Jepang dapat mengembangkan SDM pada industri otomotif khususnya tier 2 dan tier 3. Walaupun dari survei yang dilakukan pihak Jepang menyatakan bahwa pada dasarnya mereka (pemasok lapis 2 dan 3 tersebut) belum siap menerapkan LPS, sepertinya keinginan mengajarkan LPS begitu kuat sehingga dipenuhi juga oleh pihak Jepang.

Bukunya sendiri sudah disiapkan dalam bahasa jepang oleh beberapa expertnya Jepang. Sebelum juni kemarin buku tersebut sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Tetapi karena masih cukup kasar, hasilnya masih perlu diedit sehingga mudah dipahami oleh orang Indonesia. Jadilah tim yang saya ikut ini dengan tugas utama memfinalkan buku teks tersebut dalam bahasa Indonesia.

Tim Jepang diwakili oleh Takayama Sensei, Nakajima sensei dan Saito sensei. Saya lebih senang menyebut mereka sensei karena memang seusia dengan sensei saya dulu, terus ilmunya memang ok punya. Saya baru merasakan ketemu orang yang betul-betul menguasai ilmu dan prakteknya. ya mereka inilah real expert. sering kali kalau ada orang asing datang, dikenalnya sebagai expert, tapi sebenarnya tidak lebih hebat dari kita-kita. nah yang ini berbeda, pemahaman mereka sangat presisi sekali. pemilihan kata antara satu dengan yang lain begitu penting, dan mereka tahu bedannya.

Alhamdulillah, saya jadi paham bagaimana seharusnya LPS dan kaizen dilakukan. pantaslah kalau banyak perusahaan yang menerapkan kaizen tapi tidak berhasil. ada banyak prasyarat dan konsep yang harus dikuasai, tidak hanya sekedar tahu. Saya jadi paham betul bagaimana pentingnya genchi genbutsu, jidoka, kaizen, dan istilah lain yang selama ini saya baca cuma di buku. terima kasih untuk tim yang sudah mempercayakan saya untuk ikut bergabung.

semoga nanti bukunya bisa dibaca lebih banyak orang, tidak hanya orang-orang yang bekerja di pemasok perusahaan otomotif jepang…

2 Responses to Expert yang sesungguhnya

  1. sahidishere says:

    bisa beli bukunya mas? kebetulan saya membuat skripsi mengenai ijepa dan saya kseulitan mendapatkan bukunya, mohon bantuannya mas, terima kasih

    • Mursyid Hasanbasri says:

      saya tidak punya hak mengedarkan bukunya mas, bahkan versi cetaknya pun saya tidak kebagianšŸ˜¦ Isinya bukan mengenai IJEPA-nya, tapi lebih pada penerapan Lean production.

Leave a Reply

