Produktivitas: lebih mudah diucapkan daripada dilakukan

Bulan ini saya mengikuti workshop tentang produktivitas, baik di bandung maupun jakarta. Sekarang jadi tahu bahwa produktivitas di negeri tercinta ini baru sebatas wacana, walau sudah dirintis lembaga terkait dengan produktivitas nasional 4 dekade lalu. Melihat perkembangannya yang belum signifikan, rasanya memang perlu kita semua untuk lebih banyak berbuat daripada berkata…

Contoh nyata saja, pada acara di bandung yang saya hadiri tersebut, para pembicara memerlukan asrot ~ asisten sorot untuk menjalankan slide demi slide. padahal pekerjaan itu hanya membutuhkan menekan Enter atau tombol right arrow. bayangkan waktu asisten tersebut, waktu produktif orang bekerja diganti dengan kegiatan yang tidak produktif. belum lagi kalau dilihat waktu penyelenggaraan yang molor dan selesai lebih cepat😦

Kegiatan serupa saya temukan kemarin, ketika mengikuti seminar Teknik Industri dan Manajemen produksi di surabaya. hal serupa terjadi. di setiap presentasi ada satu orang yang menjadi operator slide. tapi barangkali orang belum cukup mampu membeli powerpoint remote yang kurang dari sejuta itu. cuma kenapa acara itu sanggup diselenggarakan dengan cukup mewah ya, baik tempat maupun makanan. artinya orang lebih mementingkan kenyamanan daripada produktivitas.

yang lebih gawat sebenarnya, saya sudah membawa power point remote agar saya bisa memainkan presentasi sesuai dengan irama yang saya inginkan. eh.. sama panitia yang menjadi operator slide itu dicabut diganti dengan dirinya. makanya pada awal saya presentasi normal, belakangan kok saya pejet nggak jalan-jalan tuh slide kecuali setelah saya terlihat menekan remote berkali2. setelah duduk kembali saya baru tahu ternyata usb-nya dicabut… walah-walah

Leave a Reply

