Inspektor, masih perlukah?

Ketika mengajar kelas Operations Management di PT Freeport Indonesia oktober lalu, saya ingat sekali pada sebuah diskusi panjang mengenai quality inspector. sebenarnya isu yang dibahas adalah mengenai proses bisnis. ada sebagian proses yang sebenarnya tidak memberi nilai tambah alias waste/pemborosan. ketika sampai dibahas satu per satu kata yang melambangkan waste tersebut, ada kata inspeksi yang menyulut diskusi.

secara prinsip, sistem mutu saat ini sudah tidak mengandalkan lagi pada proses inspeksi untuk menghasilkan mutu yang baik. mengapa? karena setiap proses seharusnya sudah melakukan sesuatu yang hasilnya memenuhi standar pelanggannya. jika ada cacat di suatu proses, maka proses tersebut tidak boleh meneruskan produknya ke pelanggannya. jadi logikanya jika setiap proses sudah memenuhi spesifikasi, maka kita tidak perlu lagi orang yang pekerjaannya memeriksa kualitas output.

Karena banyak juga mahasiswa yang masih atau pernah di bagian quality assurance/quality control,  sebagian keberatan dengan gagasan ini. alasannya karena manusia kan bisa salah. hmm, well memang betul, tapi yang harus diingat adalah kesalahan normal manusia sudah diakomodasi dengan 0,27% cacat (3 sigma quality standard) atau 3,4 cacat (6 sigma quality standard). lebih dari itu, artinya sudah terjadi kesalahan sistematis baik pada orang maupun alat. jika memang manusia tempat salah itu diakomodasi, maka setiap proses harus ada inspektornya dong.  bagaimana kalau inspektornya juga salah… so tidak akan pernah habis kita mendiskusikannya.

Yang penting di sana sebenarnya adalah bagaimana membangun kultur  built-in quality, membuat produk yang berkualitas di setiap proses. ini juga yang saya dengar dari Takayama dalam acara sosialisasi program peningkatan produktivitas industri pendukung otomotif dengan Lean Production System di Hotel Sahid Jakarta senin kemarin. jadi saya makin yakin bahwa inspektor tidak diperlukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: