facebook dan flashback di padang mahsyar

Beberapa hari yang mas Hamzah, teman sekelas di s2 dulu, menampilkan foto jadul ketika kami buka bersama. Karena saya nampang paling depan, jadi begitu menonjol. Mungkin karena jarang mejeng, jadi terasa aneh😉

Hampir 13 tahun yang lalu foto itu diambil. Saya sendiri sudah lupa sama sekali pernah berada pada cerita itu. Rupanya 13 tahun sudah cukup untuk menyelipkan memori ini. Untungnya, atau sayangnya, potret-potret kita tidak pernah bohong, menjadi saksi atas kejadian masa lalu.

Mengapa untung? Ya karena potret jadul yang ditampilkan di facebook umumnya menceritakan kelucuan atau kebaikan kita. Bayangkan kalau yang tampil ketilka kita sedang berkelahi, bertengkar, atau melakukan keburukan lainnya. Pasti malu, sedih dan menyesal.

Entah darimana datangnya, sontak ada pikiran bagaimana kalau di padang mahsyar nanti? Ketika semua potret kita ditampilkan kembali secara utuh. Betapa banyak maksiat yang akan tampak, betapa banyak kezaliman diri kita akan diperlihatkan. Kita hanya bisa menyesal, protes tidak akan menolong karena potret itu persis potret jadul di facebook tadi. Sekarang kita bisa menipu diri dan orang lain, tapi nanti tidak akan. Astaghfirullahal’azhiim

One Response to facebook dan flashback di padang mahsyar

  1. didot says:

    astagfirullah ,semoga semua maksiat saya diampuni Allah ,saya gak akan bisa mengelak lagi nanti…. ampuni kami ya Allah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: