“yah, mau perang yah”

Malam ini kebagian baca cerita sebelum aan tidur. Lumayan banyak buku dah dilalap karena bisa sampai 4 cerita dilahap aan. Kali ini bukunya dari rumah pensil tentang kisah para sahabat nabi.

Malam ini ceritanya tentang perang di mu’tah. Ceritanya lumayan seru juga walau tidak panjang. Intinya dengan jumlah 3 ribu kaum muslimin menghadapi 200 ribu pasukan romawi. Jumah yang tidak berbanding, satu lawan 66 orang, Allahu akbar.

Ketika sahabat zaid bin haritsah gugur, sesuai amanat Rasulullah, pimpinan diambil ja’far bin abu thalib. Kemudian ja’far pun gugur sebagai syahid. Lagi, sesuai amanat rasulullah pimpinan diambil abdullah bin rawahah sampai akhirnya sahabat ini pun menjemput syahidnya. Baru kemudian pasukan dipercayakan kepada khalid bin walid yang berhasil menahan pasukan musuh.

Singkat cerita, apa yang membuat pasukan muslimin begitu berani walau jumlahnya kalah banyak? Diceritakan, abdullah bin rawahah menyemangati bahwa jangan takut, bukankah pilihannya cuma 2: menang atau syahid? Keduanya adalah yang dinanti setiap muslimin? Luar biasa. Aan tanya apa itu syahid? Saya jawab mati dalam perang yang hadiahnya langsung masuk surga. Spontan aan bilang, “yah pengen perang yah”. Subhanallah, yang namanya surga bener-bener jadi tujuan. Apakah kita masih sering ingat surga untuk didamba atau neraka untuk dijauhi?

2 Responses to “yah, mau perang yah”

  1. didot says:

    jaman sekarang orang ngejar syahid,tapi saya gak yakin masuk surga mereka2 ini.

    utamanya yg bom bunuh diri di negara yg lagi status damai gak mendeklarasikan perang

    semoga Allah mengampuni mereka🙂

    • Mursyid Hasanbasri says:

      Saya tidak sampe ke sana cerita sama aan. Poin-nya malam kemarin adalah dia membayangkan syahid itu benar2 sesuatu yg layak dikejar. Lain waktu saya akan jelaskan bahwa kalo dia sekolah ke jepang pun bisa mendapatkan syahid jika niatnya benar.

      Soal bom bunuh diri, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan ketimbang bunuh diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: