sakura dan semangatnya

Sekarang saya lagi nonton NHK yang bercerita tentang sakura. Walau ngga ngerti bahasa jepangnya, tapi saya masih meraba maksudnya tentang bagaimana orang jepang melestarikan sakuranya. Kalau sekarang banyak orang jepang maupun turis berdatangan hanya untuk melihat sakura, itu tidak lain karena orang jepang merawatnya

Dari film dokumenter itu tampak dulu kondisi yang cukup gersang, sekarang sepanjang jalan dan taman begitu asri. Entah sungainya yang bersih, sakuranya yang bermekaran, lingkungannya yang bersih, makin ke sini seolah lingkungannya membaik.

Tapi apa yang kita lihat di negeri tercinta? Justru sebaliknya. Dulu kondisinya hijau, dingin, bersih, tapi sekarang menjadi kotor, pengap dan jauh dari bersih. Waktu rafting di sungai cicatih 2 minggu lalu, selain airnya yang seperti kopi susu, di pinggirnya bergelantungan sampah yang menyangkut di dahan-dahan pohon sepanjang sungai.

Sepertinya semangat memelihara sakura harus segera ditularkan pada bangsa ini. Karena kalau tidak, bukan mustahil bangsa ini hanya tercatat dalam sejarah sebagai bangsa kaya yang musnah karena keserakahannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: