Lain posisi lain bicara

Entah untuk ke-berapa kalinya saya menemukan fenomena bahwa orang ketika pada posisi yang berbeda bicaranya berbeda pula. entah namanya plintat plintut atau apalah namanya. ketika di posisi lama, bicaranya A B C. ketika menduduki posisi yang baru, bicaranya menjadi -A, -B, -C atau kalau tidak seekstrim itu, jadinya X, Y, dan Z. ternyata posisi itu apalagi jabatan memang membius seseorang sehingga menjadi lupa dengan apa yang pernah disampaikannya… betul betul betul? (kata upin dan ipin)

kalau mahasiswa yang ketika berdemo begitu lantang tapi kemudian ketika menjadi pejabat berbeda, rasanya sudah banyak. kalau pengamat ketika independen dan ketika tidak lagi independen bicaranya lain sudah biasa. ternyata fenomena ini bisa terjadi di mana saja. makanya saya sering merenung ketika memprotes sebuah kebijakan atau aturan, jangan-jangan ketika saya duduk di sana pun, saya akan melakukan hal yang sama. bukannya tidak pede bahwa nanti kita bisa mengubah sesuatu, tapi data menunjukkan tidak banyak orang yang bisa melakukan hal itu, atau sebenarnya cukup banyak tapi tidak laku untuk diekspos barangkali.

kemarin seorang sempai bercerita ketika dalam sebuah diskusi beliau berbeda pendapat dengan rekan diskusi yang orang asing. bicara ini itu, ketika tidak ketemu pokok pembicaraannya, orang tersebut mengeluarkan daftar hadir pertemuan yang pernah dilakukan selang waktu yang cukup lama. dalam daftar hadir itu sempai saya tadi ternyata ada di sana dan menyepakati isinya yang sekarang berbeda dengan apa yang didiskusikan. moral ceritanya bukan pada sempai-nya, tapi bagaimana orang tadi mengantisipasi apa yang akan terjadi sekian tahun ke depan.

apa artinya? buat saya ini sebuah peringatan bahwa jangan asal bicara. benarlah hadits nabi, kalau tidak ada yang penting untuk disampaikan lebih baik diam. ketika kita mengomentasi orang ini itu, ternyata kita melakukannya juga di lain waktu, boleh jadi itu tergolong sebuah kemunafikan. kita tahu sendiri apa ganjaran orang munafik. Astaghfirullah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: