“Aichan mau ngobrol sama orang ini nih”

Gambar di sebelah adalah bagian dari cover bahan case based learning yang biasa disampaikan kepada mahasiswa baru MBA ITB. kebetulan edisi yang ini mencantumkan foto saya sedang bicara di depan mahasiswa. bahan ini sempat saya bawa pulang untuk dibaca di rumah. tapi rupanya tidak terbawa lagi ke kampus hingga tergeletak di rumah begitu saja.

semester ini saya kebagian mengajar hari sabtu yang sejak dulu saya coba hindari. kalau jumat malam okelah, biar sekalian capek. tapi untuk hari sabtu, rasanya “no no no no no”. buat saya kita bekerja salah satunya untuk keluarga. nah kalau semua waktu habis di luar rumah, apakah masih berasa apa pun yang kita peroleh di luar bagi keluarga?

ceritanya, beberapa minggu lalu sebelum lebaran, saya mengajar di hari sabtu. sebelum berangkat, aichan sudah mulai berkomentar, “kok ayah ke kampus? yaaa”. agak kecewa sepertinya. rupanya dia sudah tahu kalau sabtu dan minggu itu seharusnya saya tidak wajib ke kampus. tapi mau bilang apa lagi, saya terus saja pamitan untuk berangkat.

singkat cerita ketika sampai di rumah malam harinya, istri cerita soal aichan. aichan-nya sih sudah tidur. “siang tadi, aichan bilang ke ibu, aichan pengen ngobrol sama orang ini nih” istri saya menirukan kata-kata aichan sambil menirukan jari aichan yang menunjuk ke orang yang ada di gambar cover buku yang dilihatnya. “tapi orangnya baru ada malam, ya bu”, lanjutnya. sampai sekarang kalimat ini terasa lucu tapi bikin sedih juga.

hmmm berat juga ya jadi orang yang sukses dalam keluarga dan karir…

2 Responses to “Aichan mau ngobrol sama orang ini nih”

  1. Christoforo columbo says:

    Ass Wr.Wb. Pak Mursyid….

    Apa kabar pak ? Insya Allah sehat2 aja.
    Belum telat rasanya suasana hari kemenangan…

    Saya mohon maaf lahir Dan bathin Atas salah2 kata & perbuatan selama ini dalam aktifitas kebersamaan kita di kampus. Mohon dimaafkan..

    Setelah membaca tulisan bapak diatas… Memang aktifitas kita sering kali, lupa Akan waktu…kadang2 sabtupun masih aktifitas kerjaan….

    Untuk hari sabtu khususnya executive, jade gimana yang masih kuliah dan belajar di kampus… ? Hihihihi
    Bisa libur juga gak pak ?

    Mungkin kuliah adalah bagian dari pekerjaan ? Ato pekerjaan adalah bagian dari perkuliahan.

    Saya comment krn menarik tulisan bapak diatas….di keseharian kita….

    Tks pak
    Wass

    • Mursyid Hasanbasri says:

      Wa’alaikumsalamwrwb
      alhamdulillah pak chris, walaupun batuk dan flu belum sembuh tapi ngajar masih jalan terus😉
      Seyogyanya memang saling memaafkan pak, saya juga mohon maaf jika ada yang tidak berkenan, baik secara pribadi maupun institusional hehe
      Kalau mahasiswa yang kuliah jumat sabtu, ya itu adalah resiko yang harus kita terima pak. alhamdulillah saya sudah melewatinya, apalagi waktu di jepang, istri dan anak seperti kalah prioritas dengan sensei. ya begitulah… tadinya saya pikir masa itu sudah lewat, ternyata masih ada lagi haha
      yang jelas pak, mau kerja bagian dari kuliah atau sebaliknya, kerja-kuliah-nafkahin keluarga-main sama anak adalah ibadah pak.

      salam

Leave a Reply

